Otak, Prosesor Pada Tubuh Manusia

Header Blog Otak

Apa itu otak?

Otak merupakan salah satu organ terbesar dan organ yang paling rumit pada tubuh manusia. Otak ini bekerja layaknya komputer besar. Organ ini menyerap informasi yang didapatkan melalui indra perasa dan tubuh, dan akan mengirimkan sinyal kembali ke pada tubuh. Otak manusia ini pada umumnya sebesar dua gempalan tangan dan seberat kira-kira 1.5kg.

apa itu otak

Otak | Flickr _DJ_

Otak terdiri dari lebih dari 100 miliar syaraf yang berkomunikasi dengan triliunan koneksi yang disebut dengan sinaps (synapse). Letak otak terdapat di dalam kepala manusia, oleh karena itu kecelakaan atau cedera yang berkaitan dengan kepala dapat berakibat fatal, mulai dari pingsan atau tidak sadarkan diri, trauma otak, koma hingga meninggal.

Bagian-bagian di dalam otak

Otak merupakan salah satu organ yang paling rumit di dalam tubuh manusia karena memiliki berbagai bagian dan fungsi yang berbeda. Pada dasarnya, otak terdiri dari neuron atau syaraf yang saling terhubung dan membentuk bagian-bagian yang memiliki fungsi tersendiri.

Otak memiliki beberapa bagian-bagian utama yaitu Cerebum (Otak Besar), Deincephalon, Brain Stem (Batang Otak) dan Cerebellum (Otak Kecil). Tiap-tiap bagian ini memiliki fungsi penting dalam aktivitas manusia, seperti bernafas, bergerak, mengolah informasi dan lainnya.

Anatomi Otak | humanbrainfacts.org

Lalu bagaimana cara kerja otak?

Sebelum kita memulai pada bagian besar otak, kita akan membahas pada bagian penyusun otak yang paling penting, yaitu neuron. Neuron ini merupakan unit kerja standard di dalam otak dan sistem syaraf. Sel-sel neuron ini diperuntukan untuk melakukan komunikasi dengan sel neuron yang lainnya. Neuron ini terbagi menjadi tiga bagian dasar seperti dibawah ini :

  • Tubuh sel yang terdiri dari nukleus, sitoplasma dan sel organele. Di dalam nukelus ini terdapat DNA dan informasi yang dibutuhkan sel untuk berkembang, tetap hidup dan perbaikan jika terjadi kerusakan sel.
    Sitoplasma merupakan zat yang mengisi sebuah sel, yang termasuk dengan segala senyawa dan bagian-bagian yang penting bagi sel untuk bekerja dengan baik termasuk dengan struktur kecil dari organel.
  • Dendrites merupakan cabang yang menjulur keluar dari tubuh sel dan bertindak sebagai penerima senyawa dan sinyal listrik yang disebut dengan impulse dari neuron sekelilingnya.
  • Axon merupakan bagian neuron yang mengirimkan impulse ke sel lainnya. Ukuran axon ini bervarasi, mulai dari hanya sepanjang fraksi kecil hingga beberapa cm.

Neuron | enchantedlearning.com

Tiap-tiap neuron ditutup oleh membran sel yang masing-masing membrannya memisahkan bagian yang ada di dalam sel dari lingkungan sekitar dan mengatur apa saja yang dapat masuk dan keluar dari sel, dan menjawab sinyal dari lingkungan neuron; hal ini membantu sel untuk menjaga keseimbangan dengan lingkungan sekitar.

Sinaps (Synapse) ini merupakan celah kecil diantar dua neuron, tempat dimana pesan akan bergerak dari neuron satu ke neuron lainnya dalam bentuk bahan kimia atau sinyal listrik.

Baca Juga :  Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Lalu pada bagian-bagian utama otak, fungsi dari masing-masing bagian otak dapat dijabarkan seperti berikut :

  • Cerebrum atau otak besar
    Cerebrum atau otak besar memiliki dua bagian yaitu bagian kiri dan kanan. Bagian ini disebut sebagai hemisfer (Hemisphere). Kedua hemisfer ini saling terhubung dengan ikatan serat syaraf tebal yang disebut dengan corpus callosum. Tiap-tiap hemisfer diciptakan dengan 6 daerah atau cuping yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Cerebum ini mengendalikan gerakan dan mengolah informasi sensorik. Perasaan atau aksi yang secara sadar atau tidak sadar dihasilkan di otak bagian ini. Cerebum juga bertanggung jawab atas fungsi bicara, pendengaran, pengetahuan dan ingatan pada manusia.
  • Deincephalon atau deinsefalon
    Deinsefalon atau otak tengah merupakan wilayah tengah otak. Pada otak manusia dewasa, deinsefalon dapat ditemukan diujung dari Brain Stem atau Batang Otak dengan posisi diantara batang otak dan otak besar. Deinsefalon ini terdiri dari beberapa bagian yaitu, thamalus, subthalamus, hypothalamus, dan epithalamus
    + Thalamus memiliki hubungan penting dengan banyak fungsi otak seperti fungsi menyampaikan sinyal motorik dan sensorik ke Korteks Serebral (Cerebral Cortex) dan mengatur kesadaran, tidur dan kewaspadaan.
    + Subthalamus terhubung dengan globul pallidus, inti basal dari sebuah telencephalon. Berfungsi sebagai penerima koneksi afferent (neuron yang membawa impuls syaraf ke sistem syaraf pusat dan otak) dari substantia nigra dan striatum dan menjalankan pergerakan tulang.
    + Hypothalamus merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem endokrin, yang berfungsi sebagai menghubungkan sistem syaraf dengan sistem endokrin melalui pituitary gland atau kelenjar bawah otak.
    + Epithalamus berfungsi sebagai penyambung antara sistem limbik dengan bagian otak lainnya.
  • Brain stem atau batang otak
    Batang Stem ini berfungsi untuk menyambungkan informasi antara otak, otak besar dan syaraf tulang belakang, dan juga mengatur kinerja gerakan mata dan ekspesi muka. Batang stem ini juga berfungsi untuk mengatur fungsi vital seperti bernafas, tekanan darah dan detak jantung.
  • Cerebellum atau otak kecil
    Cerebellum atau otak berfungsi dalam bergerakan tubuh. Otak kecil ini akan menerima infomasi dari sistem sensorik, syaraf tulang belakang dan bagian otak lainnya dan menggerakan bagian tubuh dan mempelajari gerakan motorin.

Kesimpulan

Otak merupakan salah satu organ terpenting manusia, dimana seluruh informasi yang diterima oleh tubuh dapat diolah dan menjadikan feedback terhadap fungsi tubuh yang terkait. Otak terdiri dari neuron atau syaraf yang saling berkomunikasi dengan neuron lainnya melalui celah yang bernama sinaps (Synapse). Otak juga memiliki bagian-bagian yang memiliki fungsi tersendiri. Bagian itu adalah Cerebrum, Deincephalon, Brain Stem dan Cerebellum.

 

SUMBER :