Tidur, Cara Terbaik untuk Menjaga Tubuh

Apa itu tidur ?

Tidur merupakan periode ketidaksadaran diri yang terjadi ketika aktivitas otak tetap tinggi. Tidur merupakan proses biologi kompleks yang membantu manusia untuk memproses informasi baru, menjaga kesehatan dan memulihkan tubuh. Tidur ini terbagi menjadi dua jenis yaitu Non-REM (Tahap 1, 2, 3, 4) dan REM (Rapid Eye Movement).

Pada umumnya, orang-orang yang sedang tidur akan melewati siklus tidur dengan urutan tahap Non-REM ke REM, atau tahap 1, 2, 3, 4 dan REM dan mengulang kembali dari tahap 1. Sebuah siklus tidur biasanya terjadi dalam waktu sekitar 90 – 110 menit, dengan lama tiap tahapnya sekitar 5 sampai 15 menit.

hypnogram-sleep-cycle

Hypnogram Siklus Tidur | Wikipedia

Lalu apa itu kekurangan tidur?

Kekurangan tidur merupakan kondisi dimana tubuh manusia tidak dapat mendapatkan istirahat yang cukup. Kekurangan tidur ini dapat terjadi ketika salah satu hal dibawah ini terjadi :

  • Tidak cukup waktu tidur
  • Tidur diwaktu yang salah (tidak sesuai dengan waktu tidur natural)
  • Tidak dapat tidur dengan baik atau tidak dapat melalui siklus tidur yang sesuai
  • Memiliki gangguan tidur yang dapat membuat susah tidur ataupun merusak kualitas tidur

Mengapa tidur itu penting?

Tidur menjalankan peran penting pada kesehatan dan kesegaran fisik yang baik dalam hidup manusia. Mendapatkan cukup tidur yang berkualitas dapat menjaga kesehatan mental, kesehatan fisik, kualitas hidup dan keselamatan.

Perasaan yang dirasakan ketika manusia bangun tidur ini bergantung pada apa yang terjadi ketika manusia tidur. Pada saat tidur, tubuh akan bekerja untuk mendukung kesehatan fungsi otak dan menjaga kesehatan tubuh. Pada anak-anak dan remaja, tidur membantu perkembangan tubuh.

Manfaat tidur bagi tubuh manusia.

Tidur merupakan periode yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Banyak sekali maanfaat yang dapat diterima tubuh setelah kita mendapatkan tidur yang cukup. Berikut ini merupakan beberapa manfaat tidur bagi tubuh manusia.

  • Menjaga Fungsi Kesehatan Otak dan Kesegaran Tubuh
    Tidur dapat membantu otak untuk bekerja lebih baik. Pada saat tidur otak akan mempersiapkan fungsi-fungsinya untuk hari selanjutnya dan membantu untuk mempelajari dan mengingat informasi. Menurut penelitian, tidur dapat meningkatkan kemampuan belajar dan memecahkan masalah. Tidur juga dapat membantu dalam fokus, membuat keputusan dan kreativitas.
  • Kesehatan tubuh
    Tidur memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Sebagai contoh, tidur memiliki peran pada penyembuhan dan perbaikan jantung dan pembuluh darah. Kekurangan tidur secara terus menerus juga berkaitan dengan terserangnya penyakit seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, diabetes dan stroke.
  • Kinerja harian dan Keselamatan
    Tidur berkualitas yang cukup dapat membantu aktivitas sehari-hari. Orang-orang yang kurang tidur biasanya mengalami berkurangnya produktivitas. Mereka akan menghabiskan waktu lebih lama dalam menyelesaikan tugasnya. Setelah beberapa hari kurang tidur, walaupun hanya kurang 1-2 jam, akibatnya sama dengan seperti tidak tidur sama sekali selama 1 sampai 2 hari.
Baca Juga :  Apa Itu Sterilisasi

Berapa lama waktu tidur yang dianjurkan

Waktu yang dibutuhkan manusia untuk tidur akan berubah setiap harinya sesuai berjalannya waktu. Walaupun waktu tidur berbeda-beda tiap orang, berikut bagan rekomendasi umum waktu tidur untuk manusia

UmurWaktu yang Dianjurkan
Bayi Umur 4-12 Bulan12-16 Jam(termasuk tidur siang)
Anak-anak umur 1-2 Tahun11-14 Jam(termasuk tidur siang)
Anak-Anak umur 3-5 Tahun10-13 Jam(termasuk tidur siang)
Anak-Anak umur 6-12 Tahun9-12 Jam
Remaja umur 13-18 Tahun8-10 Jam
Dewasa Umur lebih dari 18 Tahun7-8 Jam

 

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Tidur

Kekurangan tidur dapat menyebabkan tubuh terasa sangat lelah pada siang harinya. Kekurangan tidur dapat menghambat produktivitas di saat bekerja, belajar maupun beraktivitas. Rasa kantuk yang disarakan pada siang hari dapat menjadi indikator apakah kita kekurangan tidur atau tidak. Orang yang kekurangan tidur dapat dilihat apakah :

  • Mengantuk pada saat membaca atau menonton tv
  • Mengantuk pada saat duduk ditempat umum seperti bioskop, ruang rapat ataupun ruang kelas
  • Mengantuk pada saat berkendara berjam-jam
  • Mengantuk ketika sedang duduk dan berbicara dengan orang
  • Mengantuk ketika duduk sendirian

Rasa Mengantuk | Pexels

Cara Untuk Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Pada dasarnya untuk meningkatkan dan menjaga kualitas tidr adalah dengan cara tidur dengan waktu yang cukup. Waktu tidur yang cukup ini dapat membuat kita semakin produktif dan merasa lebih baik. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi agar kita dapat tidur dengan baik :

  • Tidur dan bangung pada waktu yang telah ditentukan dan usahakan tetap sama setiap harinya
  • Usahakan waktu tidur pada hari kerja dan hari libur sama. Terjaga saat malam hari dan tidur larut dapat merusak ritme jam tubuh kita.
  • Gunakan 1 jam sebelum tidur sebagai waktu sunyi. Hindari melakukan aktivitas yang berat dan sinar yang terang seperti menonton tv atau komputer. Sinar yang terang dapat memberikan sinyal ke otak untuk agar tetap bangung.
  • Hindari memakan makanan berat dalam jangka waktu beberapa jam sebelum tidur
  • Hindari penggunaan nikotin dan kafein, karena kedua zat tersebut merupakan simultan dan dapat menghalau tidur.
  • Habiskan waktu diluar rumah dan beraktivitas
  • Buat dan atur kamar tidur dengan tenang, teduh dan gelap. Gunakan lampu tidur jika perlu.
  • Mandi dengan air hangat atau gunakan teknik relaksasi sebelum tidur.

 

SUMBER :