Menjaga Kesehatan Paru Paru

artikel menjaga kesehatan paru paru

Apa itu Paru-Paru ?

Paru-paru (lung) merupakan organ tubuh yang ada di dalam dada yang melakukan peran utama dalam sistem pernafasan. Fungsi utama dari paru-paru adalah menukarkan oksigen dengan karbondioksida atau yang biasa dikenal sebagai proses bernafas. Paru-paru juga memiliki peran dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan merupakan salah satu sistem ekskresi. Organ paru-paru terdapat pada mamalia termasuk manusia.

struktur paru paru

Struktur Paru paru

Sebagian besar dari paru-paru terdiri dari gelembung – gelembung yang disebut alveolus. Alveolus ini merupakan tempat penukaran oksigen dan karbondioksida dalam darah. Banyaknya alveolus di dalam paru-paru sekitar 700 juta gelembung dengan ukuran berbeda-beda tergantung dengan dimana letaknya gelembung tersebut berada.

Fungsi Paru-paru

Fungsi utama dari paru-paru adalah melakukan pertukaran oksigen dan karbondioksida atau yang seringkali disebut dengan bernafas. Paru-paru juga memiliki fungsi penting lainnya yaitu menyeimbangkan kadar asam basa yang ada di dalam tubuh. jika asam basa di dalam tubuh tinggi maka paru-paru akan otomatis mengeluarkan karbondioksida lebih banyak.

Menjaga Kesehatan Paru Paru

Paru-paru ini merupakan organ yang sangat vital dan penting pada kelangsungan hidup manusia. Oleh karena itu kita harus mengetahui bagaimana menjaga kesehatan paru-paru pada tubuh. Berikut hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru:

  • Jauhi rokok
    Kita semua tahu bahwa rokok itu dapat merusak fungsi paru-paru. Satu puntung rokok ini mengandung banyak sekali bahan-bahan kimia yang dapat merusak organ tubuh. Mulai dari gangguan pernafasan yang ringan seperti batuk-batuk sampai dengan gangguan pernafasan yang berat seperti kanker paru-paru. Jika kamu bukanlah perokok aktif, maka jauhilah tempat atau orang yang sedang merokok, karena jika kita menghirup asap yang dikeluarkan kita termasuk menjadi kategori perokok pasif.

    Rokok beserta asap dan abunya berbahaya bagi manusia.

  • Jauhi Paparan Polusi
    Selain dari rokok, polusi merupakan tantangan yang perlu dihadapi untuk menjaga kesehatan paru-paru. Tingkat polusi terutama di daerah perkotaan termasuk dalam tingkat polusi yang tinggi karena banyaknya kendaraan bermotor yang berlalu-lalang setiap harinya. Untuk itu ada baiknya kita menyiapkan masker pernafasan untuk mencegah kita menghirup semua polusi yang ada di sekeliling kita.

    Polusi udara di daerah perkotaan dapat mengganggu kesehatan pernafasan.

  • Berlatih pernafasan
    Proses bernapas penting untuk memberi oksigen kepada setiap sel dalamt ubuh. Jika kurang oksigen, tubuh kita akan gampang mengalami masalah, termasuk penyakit paru-paru dan bahkan penyakit jantung. Berlatih pernafasan ini dimaksudkan untuk membersihkan toksin yang menumpuk pada paru-paru serta mengurangi kondisi stress pada mental kita.
  • Menjaga asupan nutrisi
    Konsumsi makanan yang kaya antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit. Perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk membatu tubuh tetap sehat. Buah dan sayur mengandung sejumlah nutrisi yang penting seperti vitamin, mineral dan antioksidan yang akan membantu menghadang radikal bebas yang masuk ke tubuh. Pola makan dan hidup sehat merupakan cara ampuh untuk terbebas dari penyakit.
  • Olahraga yang teratur
    Olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kapasitas paru-paru. Pada saat kita berolahraga, paru-paru akan bekerja secara terus menerus untuk mengirimkan suplai oksigen ke tubuh kita secara cepat. Olahraga ini dapat membuat pernafasan menjadi lega dan tenang.

    Olahraga yang teratur dapat meningkatkan kesehatan tubuh

  • Jaga Kebersihan diri
    Jagalah kebersihan diri dari penyakit-penyakit yang dapat menular terutama penyakit pernafasan. Lakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat mencegah penyakit dan membersihkan diri seperti cuci tangan sebelum makan, tutup hidung atau mulut ketika sedang batuk ataupun bersih, hindari tempat-tempat yang kotor dan ramai pada musim pancaroba, bersihkan barang-barang dari debu seperti karpet atau peralatan yang jarang digunakan.
Baca Juga :  Apa itu Patient Monitor

Kesimpulan

Paru-paru merupakan organ vital pada tubuh manusia. Karena merupakan organ yang vital maka kita harus menjaga kesehatan paru-paru. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru seperti, menjauhi rokok dan hindari menjadi perokok pasif, jauhi dan lindungi diri dari paparan polusi terutama polusi udara, berlatih pernafasan, menjaga asupan nutrisi untuk tubuh, olahraga yang teratur dan menjaga kebersihan diri.

 

SUMBER :