Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

header blog menjaga kesehatan mulut

Mulut dan Kondisinya

Mulut merupakan tempat dimana organ-organ penting pada manusia seperti lidah dan gigi. Lidah ini memiliki banyak fungsi mulai dari mengecap rasa hingga berbicara. Lalu di dalam mulut terdapat gigi. Gigi ini memiliki fungsi untuk mengunyah makanan yang masuk ke dalam mulut. Karena mulut ini merupakan salah satu proses dimana segala bentuk makanan masuk ke dalam tubuh maka kita harus menjaga kesehatan mulut.

Kesehatan Dalam Mulut dan Gigi

Mulut yang tidak sehat dapat diindikasikan dengan berbagai penyakit. Dari penyakit ringan hingga berat. Penyakit penyakit kecil seperti sariawan, gusi bengkat atau gigi berlubang merupakan beberapa contoh dari penyakit-penyakit yang dapat menyerang mulut juga mulut dalam keadaan yang tidak sehat. Lalu bagimana cara merawat mulut dengan baik? Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mulut seperti berikut:

  • Sikat Gigi pada Pagi dan Malam
    Sikat gigi pada pagi dan malam hari membantu kita untuk membersihkan gigi dan mulut dari bakteri. Sikat gigi terutama pada malam hari membersihkan bakteri-bakteri dari makanan dan minuman atau cemilan yang biasa kita makan pada malam hari.

    illustrasi sikat gigi

    Sikat gigi yang teratur membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut

  • Gunakan Pasta Gigi yang mengandung zat Flouride
    Flouride atau flourida merupakan zat mineral yang dibutuhkan gigi. Mineral ini akan mensuplai mineral di dalam gigi yang berkurang karena zat asam dari bakteri dan gula. Penggunaan pasta gigi juga tidak boleh berlebih karena juga berlebihan maka akan menyebabkan flourisis yaitu kondisi flouride berlebihan yang membuat gigi berwarna kecoklatan.
  • Jauhi dan Tidak Merokok
    Tembakau dapat menyebabkan gigi menguning dan bibir menghitam. Merokok juga melipatgandakan risiko kamu terhadap penyakit gusi dan kanker mulut. Oleh karena itu, berhenti merokok sekarang juga.
  • Minum Banyak Air
    Air merupakan minuman terbaik untuk kesehatan kamu secara keseluruhan, termasuk bagi kesehatan mulut kamu karena aktivitas minum dapat membantu membersihkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang menempel pada gigi kamu.

    illustrasi minum air

    Minum air secara teratur membantu menjaga kualitas kesehatan mulut

  • Makan makanan yang bergizi
    Sama halnya dengan air, makan makanan yang bergizi juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut kamu. Makan makanan yang bergizi — termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran, dan produk susu — dapat memberikan semua nutrisi yang kamu butuhkan. Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa omega-3 lemak — jenis lemak sehat dalam makanan laut— dapat dapat mengurangi risiko peradangan, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit gusi.

    illustrasi makanan bergizi

    Makanan Bergizi

Kesimpulan

Mulut merupakan jalur masuknya makanan dan minuman ke dalam tubuh kita. KMakanan dan minuman yang kita konsumsi ini dapat menyisakan bakteri yang dapat menyerang kesehatan mulut. Untuk itu maka kita harus bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan seperti sikat gigi pada pagi dan malam hari, gunakan pasta gigi yang mengandung zat flouride, jauhi rokok, banyak minum air dan makan makanan bergizi.

Baca Juga :  Menjaga Kesehatan Mata

 

SUMBER: