Tips Menghadapi Puasa

Header Blog Tips Menghadapi Puasa

Bulan Ramadhan sudah tiba, dimana seluruh Umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk Shaum atau yang biasa kita sebut dengan Puasa. Lama durasi puasa ini bervariasi sesuai dengan negaranya, untuk durasi puasa di Indonesia sendiri kurang lebih sekitar 12 Jam dalam sehari. Pada saat berpuasa, kita diwajibkan untuk menahan rasa lapar, haus dan hawa nafsu hingga pada saat iftar atau pada saat berbuka yang dilaksanakan setelah waktu Maghrib. Sebelum kita memulai berpuasa, biasanya kita harus mengisi tenaga dengan makan dan minum pada yang disebut dengan Sahur. Waktu sahur ini dapat dilaksanakan sebelum waktu berpuasa dimulai yaitu pada waktu Subuh.

Setelah kita mengatahui waktu mulai dan selesainya berpuasa yaitu dimulai pada waktu subuh dan selesai pada waktu maghrib, lalu bagaimana kita mensiasati keseharian kita dalam beraktivitas pada saat berpuasa? Kita akan mulai membahasnya di kolom selanjutnya.

Tips Pada Saat Sahur

Ilustrasi Sahur

Ilustrasi Sahur

Sahur sangat dianjurkan pada saat berpuasa. Mengapa sangat dianjurkan? Karena kita tetap dapat berpuasa walaupun tidak sahur, asalkan kita sudah membaca niat berpuasa ramadhan pada malam sebelum tidur.

Beberapa tips yang dapat kita lakukan yaitu :

  • Atur makan sahur
    • Mengapa diatur? Karena selain sahur merupakan sesuatu yang diutamakan berdasarkan Sunnah Rasulullah, mengatur makan sahur dapat membantu menunjang aktivitas kita pada saat berpuasa. Waktu sahur yang dianjurkan yaitu sekitar 30 menit sebelum waktu subuh, karena kita dapat menyesuaikan porsi makan dan minum dan tidak terburu-buru.
  • Makanlah dengan Porsi yang seimbang
    • Porsi yang seimbang merupakan hal yang penting karena pada saat beraktivitas kita membutuhkan energi yang didapat dari makanan dan minuman. Fokuslah pada makanan yang mengandung zat gizi yang berguna untuk tubuh seperti karbohidrat, protein dan sedikit porsi garam yang penting dalam mengatur kadar keseimbangan cairan tubuh. Sayur dan buah-buahan banyak mengandung zat gizi tersebut.
  • Jangan Lupa untuk Minum
    • Tubuh manusia lebih dari 60% terdiri dari air. Guna air pada tubuh banyak sekali, karena banyak organ tubuh yang memerlukan air untuk melakukan tugasnya masing-masing. Minumlah air secukupnya, kurang lebih 4-5 gelas ukuran medium setelah makan. Berikan jeda beberapa menit setelah meminum 2 gelas agar tidak membuat perut sakit atau kembung. Disarankan tidak meminum yang mengandung gula yang berlebih seperti teh atau kopi karena gula dapat memicu hormon yang membuat tubuh lemas ketika tingkat hormon tersebut berlebihan.

 

Tips Beraktivitas Pada Saat Berpuasa

Ilustrasi Aktivitas

Ilustrasi Aktivitas

Beraktivitas pada saat berpuasa merupakan salah satu tantangan yang harus kita hadapi. Berikut tips yang dapat kita lakukan :

  • Atur aktivitas sesuai dengan waktu
    • Kamu dapat mengatur tenaga yang dapat kamu keluar ketika beraktivitas sesuai dengan waktunya. Kamu dapat melakukan aktivitas yang membutuhkan tenaga fisik yang berlebih pada waktu pagi hari. Kurangi aktivitas yang banyak mengeluarkan tenaga pada siang hari karena suhu dan udara yang dapat menguras energi dan tenaga. Pada waktu sore hari kita dapat melakukan aktivitas yang membutuhkan tenaga lebih karena suhu mulai menurun.
  • Istirahat jika sempat
    • Istirahatkan tubuh jika kita memiliki waktu luang. Istirahat ini dapat menggantikan waktu istirahat sebelumnya yang termakan ketika kita sahur. Setelah waktu sholat Dzuhur merupakan waktu yang baik untuk istirahat.
  • Sebarkan energi positif
    • Kondisi mental dan batin kita merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keseharian kita. Sugesti sugesti yang diberikan oleh sekeliling kita dapat mempengaruhi kondisi tubuh dan pikiran kita. Untuk itu kita perlu mengeluarkan energi positif. Kita dapat menggunakan energi positif ini sebagai pengalih dari rasa haus dan lapar kita. Tidak hanya mengalihkan dan memberikan sugesti kepada diri sendiri, menyebarkan energi positif juga dapat mempengaruhi orang lain. Maka dari itu sebarkan energi positif.
Baca Juga :  Jantung dan Kesehatannya

Tips Pada Saat Berbuka

Ilustrasi Berbuka Puasa

Ilustrasi Berbuka Puasa

Berbuka puasa merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu pada saat berpuasa. Banyak sekali dari kita melakukan adat berbuka puasa bersama dengan kerabat dan saudara yang meningkatkan rasa kebersamaan. Akan tetapi banyak sekali dari kita yang ketika berbuka kita melakukannya secara berlebihan dan mengganggu aktivitas selanjutnya.

Berikut tips yang dapat kita lakukan untuk menghindari hal tersebut :

  • Tidak berbuka dengan berlebihan
    • Banyak sekali dari kita ketika berbuka puasa, kita makan dan minum berlebihan karena rasa lapar dan haus yang kita tahan selama berpuasa. Alangkah baiknya jika pada saat berbuka, kita berbuka dengan buah kurma atau yang manis manis. Selain karena berbuka dengan kurma merupakan Sunnah Rasulullah, berbuka dengan yang manis juga dapat membantu menyegarkan kembali keadaan tubuh. Jangan lupa untuk meminum air yang cukup.
  • Lakukan sholat sebelum makan besar
    • Lakukanlah Sholat sebelum makan, karena setelah makan besar biasanya kita akan menjadi pasif dan enggan untuk melakukan aktivitas.

Setelah kamu membaca tips-tips untuk melalui bulan Ramadhan, apakah kamu sudah siap? Semoga kita semua diberikan perlindungan dan segala amal ibadah yang kita lakukan selama bulan Ramadhan diterima oleh Allah SWT.

 

SUMBER: