Jantung dan Kesehatannya

Apa itu Jantung?

Jantung. Siapa sih yang tidak tahu jantung? Jantung merupakan organ tubuh yang bertanggung jawab untuk menyalurkan darah ke seluruh jaringan dan organ tubuh. Pada tiap-tiap denyutnya, jantung memompa darah yang mengandung oksigen ke seluruh organ tubuh sekaligus mengalirkan karbon dioksida dari seluruh tubuh ke paru-paru untuk dikeluarkan dari tubuh kita. Semakin sehat dan kuat jantung kita, semakin baik kinerja dalam mengalirkan darah ke tubuh.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Jantung

Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan jantung kita tidak sehat. Faktor-faktor seperti kesehatan mental dan fisik sangat mempengaruhi kesehatan jantung kita. Untuk itu kita harus mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Berikut beberapa faktor yang kami rangkum :

  • Kurang Tidur atau Istirahat
    Kurang tidur tidak hanya mempengaruhi kesehatan jantung, tetapi mempengaruhi keseluruhan kesehatan tubuh manusia. Pada saat kita tidur, tubuh kita bekerja untuk memperbaiki DNA, menambahkan kadar vitamin dan menghasilkan antioksidan. Kandungan tersebut sangatlah berguna untuk tubuh. Riset membuktikan bahwa mereka yang mereka yang tidur dengan intensitas yang cukup -7-8 jam beresiko mengidap penyakit jantung 80% lebih rendah dari mereka yang kurang tidur. Maka jagalah kualitas tidur dan intensitas tidur kita dan juga hindari tidur larut malam.

    Kurang istirahat dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan mental manusia. | Sumber: Google

  • Stress dan Kesehatan Mental Menurun
    Stress dan Kesehatan Mental merupakan faktor yang tidak dapat terlihat seperti penyakit fisik. Kesehatan mental ini sangat mempengaruhi kondisi tubuh. Banyak contoh dimana orang yang kondisi fisiknya sehat bisa menjadi sakit karena kondisi mental yang stress. Secara riset pun membuktikan bahwa orang-orang yang stress dan kondisi mental yang tidak sehat memiliki resiko mengidap penyakit jantung jauh lebih besar daripada orang-orang yang kondisi mentalnya sehat dan bebas stress.
  • Terpapar Zat-zat berbahaya
    Mungkin terdengar seram jika kita membayangkan zat-zat berbahaya. Tetapi zat-zat berbahaya ini banyak sekali kita temukan ditempat yang mungkin tak pernah terfikirkan oleh kita. Bahan kimia seperti asap rokok, asap kendaraan bermotor dan polusi-polusi lainnya ini banyak kita temui sehari-hari. Oleh karena itu baiknya kita lakukan pencegahan seperti menggunakan masker pada saat berkendara, atau menghindari tempat-tempat orang yang sedang merokok.
Baca Juga :  Apa itu Electrocardiograph?

Menjaga Kesehatan Jantung

Nah setelah kita telah mengetahui apa saja yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung, maka kita harus mengetahui bagaimana menjaga kesehatan jantung. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Berikut kami rangkum cara-cara menjaga jantung :

  • Berolahraga secara teratur
    Tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya menyehatkan badan, olahraga juga dapat meringankan tingkat stress dalam hidup kita. Olahraga-olahraga apa saja yang dapat meningkatkan kesehatan jantung? Kita bisa melakukan latihan interval, Total body workout atau olahraga yang menggerakan seluruh tubuh, latihan beban atau yoga. Latihan-latihan ini dapat memicu kerja jantung yang dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah, membakar kalori dan membuat tubuh menjadi lebih efisien.

    Olahraga tubuh yang paling mudah adalah berlari | Sumber: Google

  • Makan makanan sehat
    Selain berolahraga, memakan makanan sehat merupakan salah satu kunci untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Makanlah makanan yang mengandung fitronutrient seperti kacang, biji-bijian yang utuh, buah apel, bawah putih, anggur dan makanan lainnya. Jangan lupa untuk menghindari makanan-makanan yang banyak mengandung kolesterol karena makanan tersebut merupakan pemicu terbesar penyakit jantung.

    Makan sehat merupakan salah satu faktor utama dalam menjaga kesehatan manusia. | Sumber: womenshealthmag.co.uk

  • Jagalah kesehatan Mental
    Selain faktor fisik dan makanan, faktor mental juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Penyakit mental seperti stress dan depresi dapan mempengaruhi kesehatan karena dapat mempengaruhi kehidupan kita seperti merusak pola atau enggan makan, malas untuk berinteraksi dan berolahraga yang dapat mengurangi daya tahan tubuh terhadap penyakit. Jaga kesehatan mental kita dengan melakukan aktivitas yang mengurangi stress seperti berekreasi, menikmati hobi, atau bertukar pikiran dengan teman dekat atau keluarga.

Jagalah Jantung Sebagaimana Kita Menjaga Tubuh Kita

Jantung merupakan salah satu organ yang paling penting dalam tubuh manusia, yang memompa darah ke seluruh tubuh kita. Penyakit jantung dapat dipicu dari berbagai macam faktor, mulai faktor internal seperti kesehatan mental, faktor fisik seperti kurangnya olahraga dan memakan makanan yang tidak sehat dan faktor eksternal seperti terpapar zat-zat yang berbahaya bagi tubuh manusia. Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting, yang dapat dibantu dengan berolahraga secara teratur, menjaga pola makanan dan apa yang dimakan, dan juga menjaga kesehatan mental.

Itulah artikel mengenai jantung dan kesehatannya. Jangan lupa untuk tetap sehat!

 

SUMBER :