Apa Itu X-Ray Film

Apa itu X-Ray Film?

X-Ray Film adalah film yang berbahan poliester yang dilapisi bahan gelatin yang di bagian emulsi pada tiap sisinya memiliki bahan kristal khusus yang sensitif terhadap sinar X-ray, sinar gamma, panas, kelembapan dan tekanan. Emulsi yang sensitif terhadap radiasi ini dilapisi oleh transparent base dan terlindungi dari goresan, tekanan ataupun kontaminasi karena dilapisi dengan lapisan gelatin yang tipis yang disebut sebagai supercoating dengan tebal sekitar 0.25mm . X-Ray film tidak dapat digunakan jika melewati batas waktu kadaluarsa karena dapat mempengaruhi hasil dari pemeriksaan.

primax-xray-film

X-Ray Film Brand Primax | Dok: Tim Penulis

Lalu, apa yang dimaksud sebagai X-Ray?

X-Ray sendiri merupakan bentuk dari gelombang radiasi elektromagnetik. Pada umumnya X-ray ini memiliki wavelength berkisar antara 0.01 sampai 10 nanometers sesuai dengan jarak frekuensi antara 30 petahertz sampai dengan 30 exahertz dan jarak energi antara 100 eV sampai dengan 100 keV. Dalam beberapa bahasa X-Ray ini disebut juga sebagai Röntgen radiation radiation atau sinar Röntgen, yang diambil dari nama ilmuwan Wilhelm Röntgen.

Penggunaan X-Ray Film

Penggunaan X-ray film sendiri biasanya dimasukkan ke dalam cassete lalu diletakan pada mesin x-ray dan pasien diposisikan di depan cassete, pancaran sinar X dari mesin akan melalui pasien dan tembus ke cassete yang gambaran citra tubuh akan terekam di dalam X-ray film.

Untuk jenis x-ray film ada yang blue sensitive dan green sensitive, penggunaan di rumah sakit lebih banyak dengan green sensitive film karena dosis sinar x yang diperlukan lebih sedikit dan hasil gambar lebih bagus.

illustrasi-membaca-xray-film

Dokter Membaca X-Ray Film | Dok: Freepik.com

Lalu bagaimana kita mendapatkan X-Ray Film ini?

Kami PT.Bintang Sarana Medika menyediakan X-ray film dengan merk Primax, buatan Jerman, X-ray film kami sudah terdaftar di Kemenkes RI dan sedang dalam tahap pendaftaran e-katalog alkes lkpp.

Baca Juga :  Apa itu Radiologi

Kami menyediakan film x-ray untuk keperluan foto thorax, abdomen, dental, panoramic, dan mamografi, di e-katalog alkes nantinya dapat dilihat ukuran-ukuran film yang kami sediakan dan kami dapat melayani pemesanan lewat e-katalog alkes ke seluruh rumah sakit di Indonesia.

 

SUMBER: