February 4, 2020 header wabah coronavirus

Wabah Coronavirus di Dunia

Apa Itu Coronavirus?

Seperti yang diberitakan media berita internasional, saat ini sedang terjadi wabah coronavirus. Lalu apa itu Coronavirus? Coronavirus atau dalam bahasa indonesia disebut dengan Virus Korona, merupakan keluarga virus yang dikenal memiliki strain (variasi genetik dalam mikroorganisme) yang dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya pada mamalia dan burung. Penyebaran pada manusia biasanya disebarkan melalui partikel cairan yang berterbangan di udara yang diproduksi oleh individu yang terjangkit penyakit tersebut.

Virus Korona yang sedang mewabah di negara cina dan beberapa negara merupakan salah satu strain Novel Corona (2019-nCoV) yang langka dan berbahaya. Contoh strain yang berbahaya diantaranya strain SARS-CoV (Severe Acute Respiratory Syndrome) yang juga awal terjadi di negara Cina dan MERS-CoV (Middle East Respiratory Syndrome) yang terjadi di Arab Saudi.

Gejala-Gejala Virus Korona

Gejala Virus Korona, terutama strain Novel Corona (2019-nCoV) menurut laporan dari badan kesehatan dunia bervariasi. Mulai dari yang benar-benar tidak terlihat sampai dengan yang benar-benar parah. Gejala-gejala tersebut dapat diantaranya :

  • Demam
  • Batuk-batuk
  • Sesak Nafas

Jika pembaca mengalami gejala tersebut dimohon untuk segerakan memeriksakan diri ke pusat kesehatan atau rumah sakit terdekat.

Langkah Pencegahan Penyebaran Wabah Virus Korona

Pada umumnya langkah pencegahan ini dapat dilakukan pada segala jenis wabah. Dikutip dari halaman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), berikut beberapa langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan :

  • Kerap bersihkan tangan dengan menggunakan sabun dan air atau dengan pembersih tangan berbasis alkohol.
  • Tutup mulut dan hidung dengan siku yang tertekuk atau dengan tisu ketika batuk atau bersin, buang tisu ke tempat sampah segera dan cuci tangan yang bersih.
  • Hindari kontak dekat dengan orang-orang yang sedang batuk atau demam
  • Jika kamu sedang demam, batuk atau mengalami sesak nafas segerakan untuk memeriksakan diri ke pusat kesehatan terdekat dan menyampaikan riwayat perjalanan sebelumnya
  • Ketika mengunjungi pasar hewan di area yang sedang mengalami wabah virus korona, hindari kontak langsung dengan hewan yang hidup dan sudah diolah.
  • Hindari memakan makanan yang mentah atau kurang matang. Daging mentah, susu atau organ hewan harus disiapkan dengan hati-hati, untuk menghindari cross-contamination dengan makanan yang tidak dimasak, sesuai dengan standar kesehatan makanan.

Langkah Pemerintah Indonesia pada Wabah Virus Korona

Wabah Coronavirus ini ditetapkan sebagai Situasi Darurat Kesehatan Internasional, dan mungkin jika terus berlanjut akan ditetapkan sebagai pandemi. Pemerintah Indonesia pun terus mengawasi dan memberlakukan beberapa langkah-langkah penting dalam pencegahan penyebaran wabah coronavirus ini. Langkah-langkah tersebut diantaranya :

  • Melarang Maskapai Nasional terbang ke Wuhan
    Larangan ini disampaikan oleh Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti pada Jum’at, 24 Januari 2020. Saat ini ada dua maskapai nasional yang memiliki rute ke wuhan, yaitu Sriwijaya Air dan Lion Air
  • Memperketat Pemeriksaan Kesehatan di Bandara
    Pemerintah memberlakukan pengencekan kesehatan secara masif menggunakan thermal scanner di pintu kedatangan bandara.
  • Menyiapkan Tempat Parkir Pesawat Khusus
    Kemenkes bekerja sama dengan PT. Angkasa Pura menyiapkan tempat parkir pesawat khusus jika ada pesawat yang terindikasi membawa sesuatu yang tidak sehat.
  • Menjaga 135 Pintu Masuk ke Indonesia
    135 Pintu masuk ke indonesia sudah dijaga penuh selama 24 jam sesuai dengan instruksi kementerian kesehatan
  • Menyediakan Satu Transportasi Kapsul
    Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta Anas Maruf mengatakan, pihaknya telah menyediakan satu alat evakuasi berupa kapsul.

 

Ikatan Doktor Indonesia (IDI) juga ikut membantu dalam antisipasi dan pencegahan wabah virus korona ini dengan membentuk sekitar 434 posko-posko darurat pada tiap-tiap cabang IDI di seluruh Indonesia.

Bagi Warga DKI Jakarta yang ingin melaporkan mengenai virus korona ini dapat menghubungi hotline kemenkes 24 jam di nomor 0813-8837-6955.

Pencegahan ini juga dapat dibantu dengan menggunakan air purifier. PT. Bintang Sarana Medika juga menjual air purifier yang berkualitas dan sudah tersertifikasi KC dan CE Certified yaitu WULUTE TB-300 PLASMA AIR PURIFIER dan WULUTE TB-550 PLASMA AIR PURIFIER. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai air purifier distribusi PT. Bintang Sarana Medika.

 

Wulute TB 300 Front
Wulute TB-300
Wulute TB 550 Front
Wulute TB-550

SUMBER :

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public
https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019
https://www.pharmaceutical-technology.com/news/coronavirus-a-timeline-of-how-the-deadly-outbreak-evolved/
https://www.sciencealert.com/coronavirus
https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/about/symptoms.html
https://www.kompas.com/tren/read/2020/01/29/052900565/antisipasi-virus-corona-apa-saja-langkah-pemerintah-indonesia-?page=all
http://www.economiczone.id/read/484/dinkes-dki-buka-call-center-khusus-laporan-virus-corona
https://mediaindonesia.com/read/detail/286974-idi-bentuk-posko-pencegahan-virus-korona
https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/air-purifier-coronavirus/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *