Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Selama Berpuasa

header blog menjaga kesehatan pencernaan

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

Saat berpuasa, menjaga sistem perncernaan merupakan hal yang sangat penting. Karena sistem pencernaan yang bermasalah dapat menghambat aktivitas pada saat berpuasa dan aktivitas lainnya di bulan Ramadhan. Lalu, adakah cara atau tips untuk menjaga pencernaan tubuh tetap sehat dan terjaga? Ada tentunya. Banyak sekali yang dapat lakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan pada tubuh kita, yang kita rangkum di bawah ini :

  • Makan makanan berserat
    • Memakan makanan beserat pada saat sahur memiliki banyak manfaat pada tubuh. Selain dari memenuhi zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, makanan berserat ini juga dapat mencegah dan mengobati tubuh dari kondisi pencernaan yang bermasalah, seperti sembelit, wasir dan radang usus besar.
  • Memakan makanan dan buah yang kaya energi
    • Memakan makanan dan buah kayak energi juga dapat menjadi tambahan untuk kita yang banyak melakukan aktivitas fisik dan membutuhkan banyak energi. Makanan dan buah tersebut diantaranya
      • Pisang
        • Mengapa pisang? Karena pisang mengandung tiga jenis gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Pisang juga memiliki serat yang dapat membantu mempertahankan kadar glukosa dalam darah sehingga memberikan kita sumber energi yang stabil dalam jangka waktu yang lama
      • Keju
        • Sepotong keju mengandung kadar tinggi asam amino tiramin yang dikenal karena kemampuannya untuk mendorong sekresi hormon stimulan dalam tubuh. Tetapi jangan memakan keju terlalu banyak karena unsur asam amino tiramin dapat memicu sakit kepala dan mengganggu aliran darah.
      • Stroberi
        • Dalam satu porsi stroberi atau sekitar delapan buah stroberi yang berukuran sedang, mengandung serat yang sangat tinggi dan kandungan vitamin C. Vitamin C ini berperan sebagai antioksidan yang membantu memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan pelawan radikal bebas.
Pisang dan teks

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

  • Jangan makan berlebihan
    • Banyak sekali orang yang menganggap karena berpuasa kita wajib menahan lapar dan haus maka kita disarankan memakan makanan sekenyang mungkin. Terdengar masuk akal, tetapi pada nyatanya tidak. Memakan makanan yang berlebihan dapat memicu berbagai banyak masalah pada tubuh terutama pada pencernaan. Ada baiknya kita memperhatikan porsi makan, minum dan jika perlu buah-buahan. Jika digambarkan dengan rasio, maka kita dapat membagi dengan 2:1:1 (Makan : Minum : Buah/Udara).
Makan berlebih

Makan berlebihan dapat merusak sistem pencernaan manusia.

  • Minum Cukup Air
    • Untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan terhindar dari masalah, kita hanya perlu minum air cukup sebanyak 2 liter perharinya. Pada saat berpuasa kita dapat mengatasinya dengan meminum 2 gelas air pada saat sahur, 2 gelas pada saat setelah berbuka, dan terakhir 4 gelas air setelah 3 jam setelah berbuka. Dengan mengatur cairan dalam tubuh seperti cara tersebut dapat membantu kita tetap memiliki kandungan cairan pada tubuh yang cukup walaupun kita tidak minum pada saat beraktivitas di siang harinya.
Meminum air yang cukup

Jaga kadar air dalam tubuh dengan meminum cukup air pada saat sahur dan berbuka.

Itulah beberapa tips yang kami rangkum untuk menjaga kesehatan pencernaan kita pada saat berpuasa. Semoga artikel ini dapat menjadikan referensi dan dapat membantu memudahkan kita tetap sehat pada saat berpuasa dan segala amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

Baca Juga :  Apa Itu X-Ray Film

 

SUMBER: