Menjaga Kesehatan Mata

menjaga kesehatan mata

Apa itu mata?

Mata merupakan organ pengelihatan pada tubuh kita. Mata mendeteksi cahaya dan mengubahnya menjadi impuls elektrokimia pada sel saraf. Mata ini bekerja setiap hari selama kita melihat. Banyak sekali situasi yang dimana kita mengharusnya memaksa keras mata kita untuk bekerja. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan mata.

Penyakit Mata

Mata yang sehat akan terbebas dari gangguan pengelihatan. Akan tetapi banyak faktor yang dapat menyebabkan penyakit mata. Mulai dari bawaan genetik hingga sakit yang menular. Berikut daftar penyakit mata yang banyak terjadi di Indonesia :

  • Katarak
    Tingginya kasus kebutaan akibat katarak di Indonesia kebanyakan disebabkan oleh ketidaktahuan telah mengalami katarak dan/atau tidak begitu menyadari gejala katarak. Katarak menyebabkan lensa mata menjadi berawan, sehingga penglihatan tampak kabur pada awalnya.

    Illustrasi Katarak

    Mata Normal dengan Mata Katarak

  • Glaukoma
    Glaukoma adalah kondisi pada mata yang mengakibatkan kerusakan saraf yang menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan. Glaukoma ini mengikis dan merusak saraf optik yang menunjang penglihatan mata. Glaukoma disebabkan oleh faktor usia, komplikasi hipertensi pada mata, komplikasi diabetes, hingga penyakit mata tertentu seperti ablasi retina dan retinitis (infeksi peradangan mata).
  • Konjungtivitis (mata merah)
    Konjungtivitis atau iritasi mata sering terjadi di Indonesia akibat paparan asap polusi, alergi, paparan zat kimia (sabun atau sampo), hingga infeksi (virus, bakteri, dan jamur). Konjungtivitis menyebabkan mata merah, terasa nyeri, gatal, berair hingga pembengkakan di sekitar area mata. Mata merah bisa disembuhkan dengan penggunaan obat tetes mata.

    Illustrasi Konjungtivitis

    Konjungtivitis atau Mata Merah

Menjaga Kesehatan Mata

Setelah kita mengetahui beberapa penyakit mata yang banyak terjadi di Indonesia, lalu bagaimana kita menghadapinya? Mencegah penyakit jauh lebih baik daripada mengobat. Ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata yang telah kami rangkum dibawah ini :

  • Rutin Memeriksa Mata
    Tua, muda, pria, wanita harus rutin memeriksakan mata ke dokter spesialis mata setidaknya 2 tahun sekali agar penglihatan selalu sehat dan terlindungi. Grup usia yang biasanya disarankan untuk mengecek mata adalah pada usia 6-12 bulan yang diperiksa untuk mendeteksi masalah penglihatan yang mungkin dapat memengaruhi kemampuan belajarnya dan orang dewasa pada usia lebih dari 40 tahun diperiksa untuk memeriksa kondisi mata dan penyakit mata yang biasanya muncul ketika bertambahnya usia.

    illustrasi cek mata

    Cek Mata dengan Dokter Mata

  • Mengonsumsi Makanan Bergizi
    Penelitian menunjukkan jika vitamin C dan E, zinc, lutein, asam lemak omega-3 diduga dapat membantu menangkal masalah mata terkait usia seperti katarak dan degenerasi makula mata. Sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, blackberry, dan jeruk jika dikonsumsi secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mata.
  • Jangan Terlalu Lama Menatap Komputer
    Menatap layar komputer terlalu lama dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering dan tegang, sulit fokus menatap kejauhan, dan pandangan menjadi kabur. Jika kamu bekerja di depan komputer sepanjang hari, kamu dapat mengistirahatkan mata kamu selama 15 menit setiap 2 jam sekali.

    Illustrasi menatap layar

    Menatap layar terlalu lama bisa merusak kesehatan mata.

  • Rajin Olahraga
    Penelitian mengungkapkan jika olahraga mungkin dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyempitan atau pengerasan pembuluh darah.
Baca Juga :  Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Kesimpulan

Mata merupakan organ tubuh vital manusia. Tanpa mata kita tidak dapat melihat. Banyak sekali situasi dimana kita mengharuskan memaksa keras kerja mata kita sehingga dapat menyebabkan mata terserang penyakit. Penyakit-penyakit yang banyak terjadi di Indonesia antara lain katarak, glaukoma dan Konjungtivitis atau mata merah. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah dari penyakit-penyakit tersebut, antara lain rutin memerika mata, mengkonsumsi makanan bergizi, jangan terlalu lama menatap layar komputer dan rajin berolahraga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

 

SUMBER: