Apa itu X-Ray Film?

X-Ray Film adalah film yang berbahan poliester yang dilapisi bahan gelatin yang di bagian emulsi pada tiap sisinya memiliki bahan kristal khusus yang sensitif terhadap sinar X-ray, sinar gamma, panas, kelembapan dan tekanan. Emulsi yang sensitif terhadap radiasi ini dilapisi oleh transparent base dan terlindungi dari goresan, tekanan ataupun kontaminasi karena dilapisi dengan lapisan gelatin yang tipis yang disebut sebagai supercoating dengan tebal sekitar 0.25mm . X-Ray film tidak dapat digunakan jika melewati batas waktu kadaluarsa karena dapat mempengaruhi hasil dari pemeriksaan.

Continue reading →


Apa Itu Autoclave

Autoclave merupakan alat ruang tekanan yang digunakan untuk menjalankan proses yang membutuhkan suhu yang tinggi dan tekanan yang berbeda dengan tekanan udara ambien. Autoclave biasanya ditemukan pada dunia medis dan industri bahan kimia. Penggunaan autoclave ini biasanya untuk menjalankan sterilisasi. Banyak jenis autoclave yang menggunakan mensterilkan peralatan dan persediaan medis dengan cara mengeramkan di dalam uap serap suhu tinggi pada 121 °C atau 134 °C selama kurang lebih sekitar 15-20 menit bergantung kepada ukuran dan isinya.

Continue reading →


Apa itu Patient Monitor?

Pasien monitor adalah suatu alat yang difungsikan untuk memonitor kondisi fisiologis pasien. Dimana proses monitoring tersebut dilakukan secara real-time, sehingga dapat diketahui kondisi fisiologis pasien pada saat itu juga.

Continue reading →


Bulan Ramadhan sudah tiba, dimana seluruh Umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk Shaum atau yang biasa kita sebut dengan Puasa. Lama durasi puasa ini bervariasi sesuai dengan negaranya, untuk durasi puasa di Indonesia sendiri kurang lebih sekitar 12 Jam dalam sehari. Pada saat berpuasa, kita diwajibkan untuk menahan rasa lapar, haus dan hawa nafsu hingga pada saat iftar atau pada saat berbuka yang dilaksanakan setelah waktu Maghrib. Sebelum kita memulai berpuasa, biasanya kita harus mengisi tenaga dengan makan dan minum pada yang disebut dengan Sahur. Waktu sahur ini dapat dilaksanakan sebelum waktu berpuasa dimulai yaitu pada waktu Subuh.

Setelah kita mengatahui waktu mulai dan selesainya berpuasa yaitu dimulai pada waktu subuh dan selesai pada waktu maghrib, lalu bagaimana kita mensiasati keseharian kita dalam beraktivitas pada saat berpuasa? Kita akan mulai membahasnya di kolom selanjutnya.

Continue reading →


Apa itu Pulse Oximeter?

Pulse oximeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar oksigen maupun kepekatan oksigen dalam darah tanpa memasukkan alat apapun ke dalam tubuh ( non- invasive ). Dalam pengukuran pulse oximeter kadar oksigen dilambangkan sebagai SpO2 dan hasil pengukurannya ditampilkan dalam persentasi, dan juga pulse oximeter dapat menampilkan pengukuran denyut jantung ( pulse rate), dan pengukurannya ditampilkan dalam bpm (beat per minute).

Bagaimana Cara Kerja Pulse Oximeter?

Cara kerja pulse oximeter adalah dengan memanfaatkan sifat dari haemoglobin yang dapat menyerap cahaya infra merah dan denyut alami di dalam arteri untuk mengukur kadar oksigen dalam tubuh, secara elektronik alat ini menggunakan sumber cahaya infra merah dan cahaya merah yang berbeda panjang gelombangnya, pendeteksi cahaya (sensor), dan mikroprosesor yang berfungsi untuk membandingkan dan menghitung perbedaan haemoglobin yang kaya oksigen dan haemoglobin yang kekurangan oksigen, untuk kemudian membandingkan perbedaan tersebut dan menampilkan kadar oksigen dan pulse rate.

pulse oximeter in action

Cara Kerja Pulse Oximeter

Mengapa Saya Mungkin Membutuhkan Pulse Oximeter?

Pulse Oximeter digunakan untuk mengecek kadar oksigen dalam darah. Informasi ini sangat berguna dan dapat digunakan pada berbagai situasi dan kondisi. Antara lain :

  • Pada saat atau setelah operasi atau prosedur yang menggunakan obat penenang
  • Untuk mengecek seberapa kinerja obat pada pengobatan paru-paru
  • Untuk mengecek kemampuan seseorang ketika mengatasi peningkatan tingkat aktivitas
  • Untuk mengecek apakah ventilator medis untuk membantu pernafasan atau untuk mengecek kinerjanya
  • Untuk mengecek apakah seseorang memiliki saat-saat pernafasan berhenti pada saat tidur (sleep apnea)

Pulse Oximeter juga dapat digunakan untuk mengecek kesehatan seseorang atas kondisi kesehatan yang berkaitan dengan tingkatan oxigen dalam darah seperti :

  • Serangan Jantung (Heart Attack)
  • Gagal Jantung (Heart Failure)
  • Chronic obstructive pulmonary disease (COPD)
  • Anemia
  • Kanker Paru-paru (Lung Cancer)
  • Asma (Asthma)
  • Pneumonia

Penggunaan Pulse Oximeter

Penggunaan alat ini bisa digunakan di rumah sakit di bagian Ruang Gawat Darurat (IGD), Intensive Care Unit (ICU), Ruang operasi (OK), PONEK, PONED, Ruang Rawat Inap, Ambulan, dan Rumah Sakit Lapangan.

Untuk pengadaan alat Pulse Oximeter, kami PT. Bintang Sarana Medika, menyediakan alat pulse oximeter yang sudah terdaftar di kemenkes dan sudah ada izin edar di Indonesia, alat kami juga sudah terdaftar di E-Katalog Alat Kesehatan, dengan merk Medical Supply Co buatan Korea, dengan model OM-100 untuk model desktop dan HP-110 untuk model handheld, kedua model tersebut juga dilengkapi dengan pilihan penggunaan untuk pasien dewasa atau pasien neonate.

Handheld Pulse Oximeter HP-110

Handheld Pulse Oximeter – HP-110

SUMBER :


Penjelasan Apa Itu Defibrillator

Defibrillator adalah alat yang memberikan energi kejut listrik yang tinggi untuk jantung melalui dinding dada untuk seseorang yang mengalami Cardiac Arrest. Energi kejut listrik ini disebut dengan Defibrillation dan merupakan hal yang sangat esensial dalam langkah Cardiopulmonary Resuscitation (CPR). CPR sendiri merupakan intervensi yang berdasarkan alogaritma yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi yang berhubungan dengan Paru-paru dan jantung .

Continue reading →


Penjelasan Apa Itu Spirometri

Spirometri atau spirometry juga dikenal dengan Pulmonary Function Test (PFC) yang berfungsi untuk mengukur fungsi paru-paru manusia secara spesifik dengan membandingkan volume paru dan dan aliran udara yang masuk dan keluar ke paru-paru, pada dasarnya cara kerja spirometry adalah dengan mengukur jumlah dan kecepatan udara yang di hirup dan di hembuskan.

Continue reading →